APLIKASI SMART KEMANA AJA





Siapa disini yang sering bepergian menggunakan transportasi umum? Gak perlu jauh – jauh contohnya aku sendiri nih sering banget pergi naik transjakarta atau kereta terkadang juga naik ojek online. Aku pergi karena sering di undang di suatu event, bisa talkshow, demo masak, seminar dan banyak lagi acara yang sangat mengedukasi dan menambah pengetahuan. Cuma kendalanya ini aku kurang bisa memanage waktu, misalkan undangan di event itu jam 13 : 00 WIB dan aku itu berangkat dari rumah sudah jam 10 : 00 WIB sampai sana itu terlambat. Gimana ya aku pribadi kalau datang telat itu malu banget, yang lain sudah duduk rapi nyimak aku malah telat yang tadinya mau ikut nyimak dan belajar malah gak konsentrasi karena terlambat dan semua mata tertuju sama diri kita.












Pengalaman adalah guru terbaik  disaat aku pernah terlambat, kalau bisa untuk kedepan nya aku gak mau kejadian itu terulang lagi, dan aku introspeksi diri dimana kesalahanku sampai bisa terlambat gitu. Jadi banyak banget waktuku yang terbuang sia – sia karena menunggu, jadi aku berangkat jam 10 : 00 WIB dari rumah sampai di stasiun kereta tujuan ku itu gak kunjung tiba sampai nunggu 15 – 20 menit, setelah kereta datang kondisi kereta pun penuh sekali jadi gak mungkin aku paksain masuk karena sudah padat. Akhirnya aku putuskan nunggu kereta berikutnya dan itu butuh menunggu waktu lagi 15 menit, coba dehh bayangin sudah 40 menit waktuku habis nunggu kereta 😭😭😭😭 dan belum sampai disitu saja jadi lokasi tujuan aku itu harus transit lagi dan berpindah kereta dan hal sama pun terjadi lagi, menunggu kereta yang belum datang terbuang lagi 45 menit. Setelah selesai naik kereta aku lanjut ojek online dan pesan ojek online pun tidak bisa di prediksi bisa cepat bisa juga lama sekali, jadi kaya gitu perjalananku yang melelahkan dan bikin aku terlambat sampai di event.



Sampai saat aku naik Transjakarta lagi duduk di halte aku perhatiin di tv lcd di halte bahwa ada aplikasi yang keren banget, jadi bisa mantau bahwa Transjakarta tujuan kemana pun sudah ada jadwalnya, bahkan Transjakarta yang mau aku naiki juga sudah terlihat 12 menit lagi akan tiba, tanpa pikir panjang saya download deh itu aplikasi namanya  “ TRAFI “ . Untuk yang belum tau silahkan buka di handphone android kalian masing – masing buka play store dan langsung saja download. 


Aplikasi Trafi



Jadi misalnya besok pagi kita mau pergi naik kereta atau Transjakarta dari malam hari kita sudah bisa lihat jadwalnya,  biar gak capek nunggu dan waktu terbuang, misal di stasiun kereta tiba jam 8 : 30 WIB diusahakan jam 8 : 20 WIB kita sudah sampai di stasiun jadi langsung naik deh. Begitu juga dengan Transjakarta juga angkot semua sudah terlihat jelas di aplikasi, sangat membantu sekali dan gak usah repot – repot tanya orang kanan kiri yang terkadang orang yang kita tanya itu tau dan jawab yang benar, pengalaman pribadi suka tanya – tanya kok malah nyasar, jadi saran aku cepetan download deh biar ngerti paham anti nyasar. Kalau memang mau tanya baiknya tanya petugas yang di pintu Transjakarta sudah pasti bener arahan nya. Jangan tanya sama sesama penumpang dari pada salah info yaa kan hihihi.

Jadi bisa di lihat dong tampilan aplikasi di atas tinggal pilih mau naik transportasi apa, misalnya mau naik transjakarta tinggal di klik aja kolom transjakarta, atau mau naik kereta juga bisa nanti akan muncul jadwal lengkap dari jam dan semua daerah tujuan masing masing stasiun. Silahkan dijadwalkan mau berangkat jam berapa biar gak banyak buang waktu, aplikasi trafi ini juga otomatis membaca titik lokasi kita misalnya kita berada di stasiun manggarai nanti akan muncul di aplikasi, jadi langsung ada keterangan mau naik kereta,  transjakarta atau angkot akan terlihat semua.







Tampilannya seperti di atas ya begitu klik kolom Transjakarta pasti muncul semua tuh jurusannya, di jamin gak bingung kalau jalan kemana saja sambil lihat aplikasi, kendalanya sih kalau pakai aplikasi ini wajib banget punya handphone dan harus ada kuotanya, kadang namanya aplikasi suka tidak terbaca kalau eror ya tinggal tanya petugas transjakarta saja, biasanya sih waktu yang ditunjukan itu suka terlambat waktunya tapi masih wajar sih sekitar 3 - 5 menit saja. Segitu saja info dari aku semoga bermanfaat buat teman semua, yang tidak terbiasa naik transjakarta sekarang jadi semangat dan gak khawatir lagi dong, dengan bantuan aplikasi smart ini jadi sedikit ada gambaran sampai tujuan itu butuh waktu berapa jam. Jadi tambah ilmu baru dan makin smart ya seharusnya, baiklah aku mohon pamit selamat mencoba dan terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca tulisanku.


Komentar

  1. mantep nih, artikel yg sangat membantu. Baru tau ada aplikasi yg seperti ini. Harus pasang Trafi juga nih... Ditunggu updatenya lagi kak....

    BalasHapus
  2. Betul jg ya, thanks infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

COBAIN YUK IGA BAKAR DI KEDAI LOCALE

TRANSFER KE SEMUA BANK TAPI BEBAS BIAYA ADMINISTRASI

MAKAN ENAK HARGA HEMAT